PUSAT STANDARDISASI INDUSTRI

Pertemuan Task Force on Building and Construction ke-15 Dalam Rangka Kerjasama ASEAN Mutual Recognition Arrangement

Pertemuan ke-36 ACCSQ Working Group 1 on Standard and MRA dan Related Meeting lainnya diselenggarakan di Vientiane, Lao PDR pada tanggal 16-20 Mei 2016. Rangkaian pertemuan dimulai dengan sidang Task Force on Building and Construction ke-15 pada tanggal 16 Mei 2016. Sidang dipimpin oleh Chair Mr. Tony T.H Sinambela dari Indonesia dan Co-Chair Sazali Che Amat dari Malaysia. Sidang dihadiri oleh delegasi ASEAN, yaitu Lao PDR, Brunei Darussalam, Thailand, Malaysia, Filipina, Kamboja, Vietnam, Singapura,dan Myanmar.

Delegasi RI dipimpin oleh Kepala Pusat Perumusan Standar BSN, I Nyoman Supriyatna, didampingi beberapa anggota delegasi dari Pusat Standardisasi Industri, BPPI, Kementerian Perindustrian serta Direktorat Perundingan ASEAN Kementerian Perdagangan. Hasil kesepakatan akan dilaporkan oleh pimpinan sidang dalam pertemuan WG1 tanggal 19-20 Mei 2016.

Beberapa butir penting yang dihasilkan dalam sidang ini antara lain :
1. Kemajuan pembahasan MRAs Building and Constructions Sectors dengan merujuk pada kesepakatan Hasil sidang ACCSQ khususnya terkait dengan Scope dan Objective dari MRA (Mutual Recognition Arrangement). MRA ini hanya fokus pada 3 produk yaitu: semen (cement), kaca (flat glass), dan baja tulangan beton (steel rod) sebagai Annex. MRA ini direncanakan dapat diselesaikan pada tahun 2017.
2. Tujuan dari MRA ini adalah saling pengakuan keberterimaan hasil penilaian kesesuaian bahan bangunan dan konstruksi yang dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk yang terdaftar dan berlokasi di wilayah Negara Anggota untuk memfasilitasi peredaran bahan bangunan dan konstruksi di ASEAN.
3. ASEAN Member States sepakat untuk memberikan komentar pada akhir Juni 2016 terhadap template ANNEX MRA setelah dibuat dan disirkulasi oleh Brunei.
4. Terhadap usulan tambahan 5 HS code kaca (glass) yang masuk dalam lingkup MRA, Indonesia telah menyepakati 4 HS code ( HS 700719, 700729, 700991, 700992) dan masih memerlukan waktu untuk melakukan konsultasi internal dengan stakeholder untuk HS 700800 (Multiple-walled insulating units of glass) terkait dengan kesiapan Lembaga Penilaian Kesesuaian.
5. Pertemuan TFBC ke 16 akan dilaksanakan pada bulan November 2016 di Malaysia.