PUSAT STANDARDISASI INDUSTRI

Perkembangan Task Force Building and Construction ke-17

Pertemuan Task Force Building and Construction ke-17 dilaksanakan pada tanggal 22 Mei 2017 di Yangon, Myanmar. Pertemuan dipimpin oleh Tony T.H Sinambela, Kepala Pusat Standardisasi Industri, Kementerian Perindustrian, Indonesia sebagai Chair, dan Mr. Sazali Che Amat, General Manager Construction Industry Development Board Malaysia sebagai Co-Chair.

Hal utama yang dibahas adalah Development of MRAs for Building and Construction Sector in ASEAN. MRAs ini bertujuan untuk saling keberterimaan hasil uji produk bangunan dan konstruksi (semen, kaca, baja tulangan beton) di ASEAN dalam rangka mengurangi hambatan teknis perdagangan dengan target penyelesaian finalisasi draft pada akhir tahun 2017. Pertemuan menyepakati akan melakukan pertemuan khusus pada bulan Agustus 2017 untuk membahas semua masukan dari konsultasi publik semua negara ASEAN terhadap draft ke-8 MRA.

Pertemuan menyepakati hasil TFBC dilaporkan secara langsung kepada ACCSQ tanpa melalui WG1 lagi sesuai dengan arahan ACCSQ ke 47. Selain itu, pertemuan juga menyepakati TFBC menjadi Product Working Group Building Construction (PWGBC) setelah MRA BC ditandatangani, dimana TOR PWGBC akan dibuat oleh Sekretariat ASEAN setelah mendapat masukan dari semua negara ASEAN paling lambat tanggal 15 Juli 2017.